Upaya Cinta Quran Foundation untuk pengembangan ekonomi umat yang berkelanjutan melalui program-programnya, terus digenjot! Salah satunya adalah yang dilakukan program Zakat100% dengan menggelar sub programnya, yaitu Zakat Bangun Negeri (ZBN). Program Zakat Bangun Negeri ini telah berjalan dari tahun 2023 yang merupakan Batch-1, dengan melibatkan Lisa Namuri sebagai fasilitator sekaligus mentornya. 

 

Ditahun 2024 ini, Kembali Zakat100% menggelar program  Zakat Bangun Negeri Batch-2, bertemakan: "Bangun Bisnis Kuliner Rumahan”, rangkaian program tersebut mulai digelar sejak Kamis, 5 September 2024, acara digelar di De Chef Culinary, tepatnya di Komplek Wisata SKI, Jl. Parung Banteng No.6A, RT.06/RW.01, Katulampa, Kecamatan Bogor Timu - Kota Bogor. 

 

Program  Zakat Bangun Negeri Batch-2 ini  merupakan kolaborasi Cinta Quran Foundation dengan Rajo Group - Payakumbuah dan De Chef Culinary. Yang merupakan bentuk program pemberdayaan agar para mustahik penerima Zakat100% untuk bisa lebih berdaya secara ekonomi, mandiri, produktif dan meningkat taraf hidupnya.

 

Dalam acara tersebut hadir Owner Payakumbuah (Rajo Group) Uni Ririn dan Uda Yopi, Founder Cinta Quran Foundation Ustaz Fatih Karim beserta Istri Ummu Sajjad, tamu spesial Fina Mairita (Founder Zahin Community & Zahin Digital Agency) dan juga tim Rajo Group, Rajo Foods.

 

Dalam event ini ada 5 orang mustahik yang mengikuti lomba masak dan diberikan penilaian oleh dewan juri. Yang kemudian 2 pemenang tersebut akan mendapatkan hadiah. Juara 1 mendapatkan gerobak, peralatan masak, dan uang tunai 3 juta dan untuk juara 2 mendapatkan gerobak, peralatan masak, dan uang tunai sebesar 2 juta rupiah.

 

Menurut Ditha Neviyanti (Project Management Humanity) selaku PIC Zakat Bangun Negeri Batch-2 sebelum digelar lomba terlebih dahulu dilaksanakan demo masak dari Chef Payakumbuah.     

 

“Acara kemarin masya Allah, awal-awal sempat para peserta tampak tegang ikuti acara ini, namun alhamdulilah akhirnya mereka terlihat santai dan menikmati perlombaan ini. Sebelum digelar lomba ada demo masak dari Chef Tejo yaitu dua menu nasi goreng padang dan mie goreng padang. Setelah selesai demo masaknya,  5 orang peserta ini mengikuti perlombaan memasak dengan 2 menu tersebut,  yang kemudian dilakukan penilaian oleh juri,” ungkapnya.  

 

Setelah acara ini sukses dilaksanakan, rencananya akan digelar Launching Gerobak Zakat Bangun Negeri; Nasi Goreng Padang Amazing, menurut Ditha insya Allah akan dilaunching di bulan September ini, saat ini tengah dipersiapkan.

 

“Mereka akan kita beri modal usaha dan berjualan nasi goreng padang amazing disekitar rumah mereka atau keliling. Mereka juga akan mendapatkan training / pelatihan, penggunaan POS sistem (sistem kasir). Sekarang kan eranya digital bahkan pembayarannya pun kita optimalisasi menggunakan sistem online,” tuturnya penuh semangat.  

 

Selain itu Tim Zakat100% juga akan mengupayakan dalam sisi pemasarannya, agar memasarkan dagangannya lebih luas, lebih banyak market yang, kemudian bisa banyak yang terlibat untuk bisa membeli prodak ini. 

 

“Nanti akan ada pelatihan konten kreator dengan sejumlah media partner Cinta Quran Foundation salah satunya dengan Inilah.com. Kita akan beri pelatihan untuk anak-anaknya para pemenang tadi, untuk ikut pelatihan ini, supaya mereka itu punya ilmu untuk berjualan,” pungkasnya.  

 

Update Terkait