Pelaksanaan qurban yang dilakukan Tim Amazing Qurban bersama mitranya di tiga Negara yaitu  Indonesia, Uganda dan Palestina, hingga hari ini, Selasa, 18 Juni 2024 masih berlangsung. 

 

Seperti pelaksanaan di Negara Uganda – Afrika misalnya, hari ini prosesinya disaksikan langsung via live zoom bersama para pequrbannya dan Tim Cinta Quran Foundation. Pelaksanaan prosesi penyembelihan hewan qurban dilakukan di Salam Education Center – Uganda Barat. 

 

Berdasarkan informasi dari Yasin Ilyas (relawan Amazing Qurban) yang bertugas disana, beda waktu antara Indonesia – Uganda sekitar 4 jam. Prosesi penyembelihan dimulai pukul 15.00 WIB atau pukul 11.00 waktu Uganda.       

 

Salam Education Center ini merupakan Sekolah Tahfidz Quran yang diperuntukan anak-anak (siswa-siswa) dhuafa dan penyandang disabilitas. Sekolah ini tidak berbayar dengan kondisi sekolah yang cukup mengkhawatirkan. 

 

Sekolah ini santrinya berjumlah 600 santri yang mukim, dimulai dari tingkat SD hingga SMA. Dan mereka seluruhnya adalah penerima manfaat daging qurban. Selain itu, daging qurban juga didistribusikan untuk para jamaah / masyarakat di 30 masjid di Uganda Barat.

   

Sejumlah 110 Kambing dan 2 sapi disembelih di tempat ini. Proses penyembelihan dipandu langsung oleh Tim Amazing Qurban Rhianah dan Yasin Ilyas (relawan Amazing Qurban di Uganda).    

 

Sebelum prosesi penyembelihan hewan qurban Yasin Ilyas memaparkan kondisi di sana dan menampilkan beberapa santri Tingkat SD menyanyikan nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya dan membacakan ayat Al Quran surat An-Naba.  

 

Komunikasi interaktif tercipta dalam proses penyembelihan hewan qurban, antara tim Amazing Qurban, relawannya dengan pequrban. Tampak rasa puas didapatkan dari pequrban, yang diutarakan langsung dalam dialog via zoom. Seperti yang diutarakan salah satu pequrban Amazing Qurban Bu Mildasanty. Ia bersyukur dapat menyaksikan via zoom proses penyembelihannya. 

 

“Masya Allah saya sangat bahagia bisa berkurban di sana dan ternyata masyarakat di sana sangat membutuhkan hewan kurban dari kami. Prosesi seperti ini harus terus dijalankan, Insya Allah kami akan berqurban lebih banyak lagi tahun nanti,” tuturnya.                   

 

Prosesi penyembelihan hewan kurban disana membuat haru salah seorang pequrban, hal itu terungkap dalam dialog interaktif yang diutarakan oleh Bu Lucy Kusumah Wardani, ia berterus terang baru pertama kali ikut qurban di negara Uganda dan Ia merasa terharu melihat anak-anak kecil dhuafa begitu semangat menghafal Al-Quran.  

 

“Gak nyangka saya bisa lihat langsung (live zoom) prosesi penyembelihan hewan qurban, saya sangat mengapresiasi live ini, “ pungkasnya. 

 

Update Terkait