Alhamdulillah pada Selasa, 20 februari 2024, tim Zakat100% mengunjungi salah satu warga di Kp Gunung Dahu, Kel. Pabangbon, Kec. Nanggung – Kab. Bogor, warga tersebut  bernama Pak Hamid.  

 

Ia adalah seorang tunanetra yang hidup berdua  bersama seorang ibu yang sudah lanjut usia. Ibu Pak Hamid sendiri mempunyai 7 anak, 3 diantaranya sudah meninggal dan 4 semuanya sudah menikah, namun ke 3 anaknya semuanya merantau ke desa lain dan hanya Hamid sendiri yang menemani sang ibu.  

 

Pak Hamid sendiri sebenarnya sudah menikah dan belum mempunyai anak, namun karena faktor ekonomi istri pak hamid meninggalkannya, dan sekarang Pak Hamid tinggal berdua bersama sang ibu dan merawatnya.  

 

Pak Hamid sekarang tidak bisa kemana-mana, usaha pijat yang ia lakukan hanya menerima datang ke rumahnya, karena kalau harus terima panggilan, harus ada yang mengantar dan naik ojeg dengan ongkos yang lumayan besar.  

 

Penghasil pak hamid memang tidak menentu, hanya mengandalkan jasa pijat saja, seminggu pendapatan memijatnya hanya 2 pasien, satu pasien diberi upah 30 ribu-50ribu rupiah. Sedangkan ibu nya Pak Hamid hanya mengandalkan hasil dari pak Hamid mijat.  

 

Namun semenjak Pak Hamid dilarang ke luar sama ibunya, Pak Hamid lebih fokus merawat sang ibu, karena ibunya udah sepuh dan takut terjadi sesuatu ketika di tinggalkannya. Karena yang menyuruh pijat sekarang berkurang, pak hamid mengisi kekosongan waktu dan supaya bermanfaat beliau belajar membaca Al Quran.  

 

Kemampuan nya membaca Al Quran masih terbata-bata, karena faktor penglihatan, dan pak hamid juga mempunyai beberapa ekor peliharaan, yaitu ayam, dari peliharaan ini Pak Hamid sekarang menjadi ujung tombaknya hidup. Karena di saat tidak punya apa-apa Pak Hamid menjual ayam tersebut, ke tetangga untuk ditukar dengan beberapa makanan seperti beras, minyak dan lauk pauk lainnya. 

 

Update Terkait