Pada Kamis, 5 September 2024,  selepas salat Ashar dan Kultum, seluruh mahasantri/wati berkumpul di Masjid Al-Fatih Ma’had Cinta Quran Center (CQC) untuk mengikuti Kajian Kepesantrenan yang disampaikan oleh Ustaz Irfan Abu Naveed, dengan mengkaji Tafsir Jalalain, serta Ilmu Balaghoh yang ada di dalamnya. 

 

Beliau menyampaikan kandungan beberapa ayat pilihan yang menyangkut fakta pembahasaan kali ini. Mengangkat pembahasan terkait Paus Fransiskus yang menjadi treanding topik akhir-akhir ini, sebab kedatangannya ke Indonesia yang memicu gemparnya jagat nyata juga maya.  Tak hanya membahas persoalan datangnya Paus Fransiskus ke Indonesia, namun mengkritisi sikap yang dilakukan oleh Pemimpin Masjid Istiqlal yang mencium kepala, serta tangan Paus Fransiskus tanda penghormatan. 

 

Ustaz Irfan Abu Naveed menyampaikan bahwa hal ini adalah aib bagi kaum muslimin. Sebab Rasulullah mengajarkan toleransi kepada mereka yang tak seaqidah dengan kita berkaca pada firman-Nya dalam Qs. al-Kafirun : 6 bahwa tidak ada paksaan kepada mereka untuk memasuki agama Islam.  

 

Dari kajian ini, mahasantri/wati tidak hanya mendapatkan tafsir dari ayat-ayat al-Quran saja, namun mahasantri/wati diajak untuk 'melek' akan politik yang terjadi disekitar kita. Beliau juga mengajarkan bagaimana kita sebagai da’i harus tsiqoh dengan aqidah Islam yang lurus tanpa menggadaikan dengan hal-hal duniawi layaknya orang munafik. Beliau menguatkan mahasantri/wati bahwa rintangan di depan sana semakin terjal, maka selayaknya untuk mempersiapkan dengan segala potinsi yang dimiliki.  

 

Semoga Allah senantiasa menjaga keistiqomahan kita dalam kebaikan, serta menguatkan langkah kaki kita dalam misi mengabdi pada agama yang diridhoi ini. Aamiin! 

 

Jazakumullah khairan katsiran atas dukungan sahabat untuk program Pendidikan di Pesantren Cinta Quran Center. Semoga setiap jejak kebaikan Sahabat menjadi bekal untuk #PulangDenganBahagia. Selain itu Sahabat juga bisa mendukung Program Pendidikan di Sekolah Generasi Quran, dan Pesantren tuna netra melalui link berikut : https://syafa.at/re-paket-pendidikan    

Update Terkait