Alhamdulillah atas segala nikmat yang telah Allah berikan, tepat hari Rabu, 19 Juli 2024, tepatnya pukul 17.20 WIB, mahasantriwati memanen hasil tanaman hidroponik. Kali ini tanaman hidroponik yang dipanen mahasantriwati tanaman kangkung. Sebenarnya ada tanaman hidroponik lainnya yang ditanam, seperti tanaman pakcoy, tetapi karena belum waktunya dipanen, maka hanya tanaman kangkung yang dipanen.  

 

Karena namanya hidro, maka media utama yang digunakan untuk menanam adalah air, sehingga resiko adanya hama itu lebih kecil, dan tenaga yang dibutuhkan tidaklah banyak, pasalnya tanaman ini tidak perlu disiram, karena media utamanya adalah air. Tetapi menanam tanaman hidroponik ini memerlukan keahlian khusus dan ketelatenan yang mumpuni agar menghasilkan tanaman yang bagus.  

 

Mahasantriwati yang memanen kali ini ada 4 orang, Diantaranya ananda Alfi Syahri, Nida Paradisa, Khairiza Umami, dan Afifah Putri Ibrahim, dengan didampingi Bagian Operasional Ma’had Cinta Quran Center (CQC) yaitu Pak Jami’. Dan ternyata cara memanennya sangat mudah, yaitu hanya tinggal lepaskan dari potnya, lalu petik bagian batang agar terpisah dari akarnya.  

 

Kelebihan dari tanaman kangkung yang ditanam dengan cara hidroponik ini akan menghasilkan kangkung yang lebih fresh dan lebih renyah, ketika dimasak  nantinya, dari pada tanaman kangkung pada umumnya.  

 

Mahasantriwati yang bertugas begitu menikmati dan sangat semangat memanen tanaman hidroponik, sehingga tak terasa tepat adzan maghrib berkumandangan, selesai pulalah pemanenan tanaman kangkung, dan kurang lebih mendapatkan 4 tampah sedang , yang isinya penuh dengan kangkung. Setelah itu mahasantriwati yang bertugas, memilih ulang  dan memetik lagi bagian kangkung yang belum terlepas dari akarnya. Kemudian kangkung-kangkung ini diantarkan ke ibu sayur yang berada tepat dibelakang Ma’had CQC.  

  

Semoga dengan adanya tanaman hidroponik ini dapat bermanfaat bagi Ma’had CQC itu sendiri, dan memberikan pelajaran dan pengalaman baru bagi mahasantriwati dalam penanaman tanaman hidroponik, serta bermanfaat pula untuk warga sekitar Ma’had CQC. Aamiin. 

 

 

---------------------------

Yuk, Bantu Para Mahasantri/wati Calon Da'i Quran, Melalui Program Orangtua Asuh Ma'had Cinta Quran Center (CQC):

 

BSI 777 419 621 2


BCA 7380 7250 31
 

Mandiri 133 00 202 717 48

 

a.n. YAYASAN CINTA QURAN GLOBAL

Update Terkait